Apakah sepeda Anda layak jalan?

Apakah sepeda Anda layak jalan? Pertanyaannya simple, tapi ini penting buat Anda, pengguna sepeda yang mau berkendara jarak jauh maupun dekat. Ingat, keselamatan adalah hal utama, dan harus di utamakan.

  1. Untuk U-brake, V-brake, cantilever angkat sadel sepeda putar roda belakang, bila ada kampas rem yang menempel ditandai dengan bunyi atau jarak kampas ke rim lebih dari 2mm (8 lembar Koran) maka rem sepeda perlu disetel ulang.
  2. Untuk disc brake angkat sadel sepeda putar roda belakang, bila piringan bergesek dengan kampas ditandai bunyi atau jarak kampas ke piringan lebih dari 1mm ( 4 lembar Koran ) maka rem sepeda perlu disetel ulang.
  3. Lakukan hal yang sama untuk roda depan

Goyang2kan lengan crank (crankarm) dengan tangan Anda (bukan searah dengan kayuhan), bila bisa bergerak :

  1. Ada kemungkinan baut lengan crank ke BB tidak kencang, silahkan dikencangkan sesuai dengan torsinya
  2. Atau bearing/laher BB Anda sudah oblak, silahkan ganti bearingnya sepasang bagi yang memakai system bearing / ganti bbnya yang memakai system bola permanen.

Gantungkan sadel sepeda pada tali jemuran dan putar crank sambil memindahkan gigi baik gigi depan (crank) maupun gigi belakang (cassette/sprocket) bila tidak mulus berpindahnya maka perlu disetel ulang.

Bagi yang tidak yakin dengan kemampuan menilai sepeda apakah layak jalan atau tidak silahkan ke bengkel sepeda yang bisa dipercaya. Jangan menggunakan part abal-abal karena nyawa Anda lebih berharga.

Safe cycling and follow traffic regulations

Originally Posted by :handycandra

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *