Gagal upgrade Windows 10 – error code 80240020

Dari 1 bulan yang lalu, udah siap-siap untuk reservasi Upgrade Windows 10, OS awal saya itu adalah windows 8.1. Udah pernah nyobain sih windows 10 yang preview version, enak banget, dan ngebet banget. Waktu itu dijadwalkan tanggal 29 Juli, katanya.

Ok, udah tanggal 29 Juli, yang lain udah pada upgrade, lah saya kagak. Iseng-iseng nyari di inet, ternyata bisa “dipaksa” update dengan cara :

  1. Cek update seperti biasa, tapi pasti resultnya ga ada update terbaru katanya.
  2. Buka Command promt administrator, caranya? masih perlu dikasih tau juga? ga usah lah ya :D
  3. Ketik wuauclt.exe /updatenow terus enter.

Tada, Laptop saya mulai proses download bahan baku untuk upgrade windows 10. 5GB yang mesti didownload, oke, saya jabanin. Ditinggalin kerja, begitu pulang, malah dapet error. Sial banget, 5GB terbuang sia-sia itu quota Bolt.

Oke, cari cara lain, ada lagi tips berikutnya :

  1. Buka “C:WindowsSoftwareDistributionDownload”, hapus semua isinya. Inget, isinya, bukan folder downloadnya.
  2. Cek update lagi, dijamin pasti ga ada result.
  3. Buka Command promt administrator.
  4. Ketik wuauclt.exe /updatenow terus enter.

Bang, sukses, update lagi, but, 8GB, sial!. Ah, demi windows 10, saya jabanin. Singkat cerita, sukses, preparing install, but again, gagal lagi. Error codenya yang model begini :

Puyeng, kecewa, tapi ga nyerah, diulang lagi stepnya, again, dikagetin, kali ini saya mesti download 10GB, sial banget. Oke, fine, udah terlanjur basah. Download dah, saya tinggalin ke kantor :D

Dikantor, pake team viewer, remote lappy dikosan, damn, again, gagal. Udah hampir nyerah nih, but, nemu something interesting.

  1. Buka regedit, caranya? cari tau sendiri :P
  2. cari [HKEY_LOCAL_MACHINESOFTWAREMicrosoftWindowsCurrentVersionWindowsUpdateOSUpgrade]. Harusnya ada, tapi kalau ga ada, buat!.
  3. Didalamnya, buat DWORD (32-bit) dengan nama “AllowOSUpgrade” tanpa tanda petik, terus set Value = 0x00000001

Fine, kali ini begitu cek update biasa via control panel, langsung muncul upgrade windows 10. Lagi, download 2GB. Tapi resultnya, masih tanda tanya.

Abis remote lappy, ternyata cara terakhir ini sukses untuk upgrade windows 10.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *