Banjir Riau, Kepala BNPB Beri Bantuan Daerah Banjir

KEPALA Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto mengunjungi sejumlah daerah yang terdampak banjir di Provinsi Riau, Kamis (18/1). 

Dalam kunjungan selama dua hari 18-19 Januari itu, BNPB juga akan memberika bantuan sebesar Rp250 juta bagi 10 daerah di Riau yang telah menetapkan status siaga darurat bencana banjir.

“Nanti saat rapat koordinasi, Pak Letjen Suharyanto juga akan menyerahkan bantuan anggaran BNPB sebesar Rp250 juta kepada 10 Kabupaten Kota, kecuali Kabupaten Siak dan Kota Dumai yang tidak dapat karena belum menetapkan status siaga darurat banjir. Selain bantuan uang, juga bantuan perlengkapan dan peralatan untuk penanganan banjir,” kata Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau M Edy Afrizal, Kamis (18/1).

Baca juga : Banjir Riau Mulai Surut, 1.622 KK Masih Mengungsi

Ia menjelaskan, dalam kunjungannya yang turut didampingi Gubernur Riau Edy Natar Nasution, Kepala BNPB meninjau banjir di Kabupaten Pelalawan, tepatnya di Jalan Lintas Timur (Jalintim) dan lokasi pengungsian bersama Gubernur Riau menggunakan helikopter.

“Kemudian tinjauan dilanjutkan ke Indragiri Hulu, tepatnya di Danau Raja, Rengat melihat korban banjir yang mengungsi. Di sana Kepala BNPB juga akan menyerahkan bantuan secara simbolis,” jelas Edy.

Baca juga : RSUD Arifin Achmad Riau Jadi Pusat Rujukan Bedah Sentral di Sumatra

Setelah itu, lanjutnya, rombongan akan meninjau korban banjir di Kabupaten Kampar, persisnya di Buluh Cina, Siak Hulu. Di sana Kepala BNPB juga akan menyerahkan bantuan untuk korban banjir secara simbolis. Lalu dilanjutkan, tinjauan korban banjir di Kecamatan Rumbai, Pekanbaru.

“Kemudian hari kedua (Jumat), Kepala BNPB akan menggelar rapat koordinasi penanganan banjir sama kabupaten kota, sekaligus arahan penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla),” pungkasnya. (Z-5)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *