Dua Gol Camara Pastikan Senegal Kalahkan Gambia di Piala Afrika

PESEPAK bola 20 tahun Lamine Camara menjadi aktor kemenangan timnas Senegal setelah dua golnya, pada menit 52 dan 86, serta satu gol yang dicetak Pape Gueye, saat laga baru berlangsung 4 menit, mengantarkan juara bertahan itu menang 3-0 atas Gambia di laga perdana Grup C Piala Afrika 2024 di Stadion Charles Konan Banny de Yamoussoukro, Pantai Gading, Senin (15/1).

Saat laga dimulai, Senegal langsung melancarkan serangannya. Alhasil, tim asuhan Aliou Cisse itu unggul cepat saat tendangan Gueye dari kotak penalti pada menit ke-4 merobek jala gawang Gambia setelah memanfaatkan umpan datar Sadio Mane. Senegal unggul 1-0 dari Gambia.

Tiga menit setelahnya, Senegal hampir menambah keunggulan. Namun, sepakan Habib Diallo masih menyamping dari gawang Gambia. 

Baca juga: Salah Selamatkan Mesir dari Kekalahan di Laga Perdana Piala Afrika

Setelah peluang itu, kedua tim lalu bermain hati-hati dan Gambia semakin kesulitan mengejar ketertinggalan ketika pemainnya Ebou Adams mendapatkan kartu merah pada menit-menit akhir tambahan waktu babak pertama.

Memasuki babak kedua, Gambia yang bermain dengan 10 pemain memperoleh peluang melalui tendangan jarak jauh Musa Barrow pada menit ke-48. Namun, tendangan Barrow masih dapat dihalau dengan baik oleh Edouard Mendy.

Tiga menit setelahnya, Senegal menggandakan keunggulan ketika tusukan Camara, yang diakhiri tendangan keras mendatar, menjebol gawang Baboucarr Gaye untuk kedua kalinya. Senegal memimpin 2-0.

Baca juga: Fofana Cetak Gol Gemilang, Ivory Coast Menang 2-0 dalam Pembukaan Piala Afrika

Senegal lalu hampir menambah keunggulan. Namun, tendangan Diallo, yang memanfaatkan kesalahan passing bek Gambia di lini pertahanan sendiri gagal berbuah gol. 

Pada menit ke-71, pasukan Singa-Singa Teranga kembali gagal menambah keunggulan ketika tendangan pemain pengganti Nicolas Jackson masih dapat diamankan Gaye.

Gol tambahan yang dicari Senegal akhirnya tercipat pada menit ke-86 ketika Camara kembali mencatatkan namanya ke papan skor. 

Pemain FC Metz itu, kali ini, mencetak gol melalui tendangan kaki kanan yang indah ke pojok kanan atas gawang Gambia setelah memanfaatkan umpan Iliman Ndiaye.

Tidak ada gol tambahan yang tercipta dan sang juara bertahan mengakhiri laga pertama dengan kemenangan meyakinkan 3-0 atas Gambia. 

Kemenangan itu sementara membawa Mane dan kawan-kawan menempati posisi teratas Grup C dengan 3 poin. Sementara bagi Gambia, kekalahan itu membuat mereka tenggelam di dasar klasemen dengan tanpa poin dan minus tiga gol. (Ant/Z-1)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *