Kalahkan Vietnam, Jepang Tunjukkan Mental Juara

EMPAT kali juara Piala Asia, Jepang, menunjukkan mental juaranya di ajang pembuka Gurp D Piala Asia 2023 dengan mengalahkan Vietnam 4-2 di Stadion Al Thumama, Doha, Qatar, Minggu (14/1).

Anak asuh Hajime Moriyasu harus mengejar ketertinggalan dari Vietnam yang diasuh mantan pelatih Jepang, Phillipe Troussier, sebelum mengemas tiga poin dan sementara bberada di puncak klasmen grup D. 

Jepang unggul lebih dulu lewat Takumi Minamino pada menit ke-11, tapi kemudian Vietnam justru membalik keunggulan lewat Nguyen Dinh Bac dan Pham Tuan Hai.

Baca juga : Skuad Garuda Siap beri Perlawanan dan Curi Poin di Laga kontra Irak

Minamino kembali mencetak gol untuk Samurai Biru dan menyamakan kedudukan. Tendangan kaki kanan Keito Nakamura dan gol dari Ayase Ueda di babak kedua membuat Jepang mengamankan kemenangan di Doha. 

Meski sempat tertinggal, secara keseluruhan, Jepang tampil dominan dengan menguasai 58% bola sepanjang pertandingan. Minamino cs juga lebih banyak melakukan tendangan ke gawang dibandingkan dengan Vietnam.

Baca juga : Timnas Benahi Kendala Jelang Laga Perdana Piala Asia 2023

Namun, penampilan gemilang kiper Vietnam, Filip Nguyen, membuat sejumlah peluang Jepang untuk mencetak lebih banyak gol kandas. Tercatat, ada 6 penyelamatan gemilang yang dilakukan Filip Nguyen. 

Jepang selanjutnya akan berhadapan dengan Irak pada Jumat (19/1) dan menutup laga di grup D menghadapi tim nasional Indonesia pada Rabu (24/1). (AFC/Z-5)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *