Kamerun Ditahan Imbang Guinea di Piala Afrika

GUINEA sukses menahan imbang juara lima kali Kamerun dengan skor 1-1, pada pertandingan Grup C Piala Afrika 2024 di Stade Charles Konan Banny, Yamoussoukro, Pantai Gading, Selasa (16/1) dini hari WIB.

Mohamed Bayo membawa Guinea memimpin melalui golnya pada menit kesepuluh, sebelum kapten Francois Kamano diusir keluar lapangan sebelum turun minum.

Frank Magri menyamakan kedudukan untuk Kamerun pada menit ke-51 namun mereka tidak mampu mengemas gol penentu kemenangan.

Baca juga: Dua Gol Camara Pastikan Senegal Kalahkan Gambia di Piala Afrika

Dengan hasil itu, baik Kamerun maupun Guinea mendapatkan satu poin, dan berhak menduduki posisi kedua dan ketiga di klasemen Grup C.

Kamerun tidak memasukkan kiper Manchester United Andre Onana di tim berisi 23 pemain, setelah ia tiba di ibu kota Pantai Gading hanya beberapa jam sebelum sepak mula.

Onana menunda kedatangannya sehingga ia dapat bermain ketika United bermain imbang 2-2 melawan Tottenham Hotspur di ajang Liga Primer Inggris, Minggu (14/1).

Baca juga: Salah Selamatkan Mesir dari Kekalahan di Laga Perdana Piala Afrika

Pelatih Rigobert Song memilih Fabrice Ondoa sebagai kiper utama, sedangkan dua kiper lainnya, Devis Epassy dan Simon Ngapandouetnbu, menghuni bangku pemain cadangan.

Kamerun juga tidak diperkuat bintang sekaligus pencetak gol terbanyak Piala Afrika 2022 Vincent Aboubakar, yang absen karena cedera paha.

Guinea tidak diperkuat pemain bintang Serhou Guirassy, yang dililit cedera lutut. Untuk mengisi absennya Guirassy, Bayo menjadi ujung tombak serangan dan ia membawa tim berjuluk Gajah-Gajah Nasional secara mengejutkan pada fase awal laga.

Upaya pertamanya dapat ditepis kiper Ondia namun Kamerun gagal menyapu bola dan ketika bola kembali ke arah Bayo, ia dengan mudah menyambar bola masuk ke gawang lawan.

Setelah itu, Kamerun mendominasi penguasaan bola, namun mereka tidak mampu menyulitkan kiper Guinea Ibrahima Kone.

Guinea mendapat hantaman keras pada fase akhir babak pertama, ketika Kamano diusir keluar lapangan setelah wasit Mutaz Ibrahim mengubah keputusan kartu kuning kepada Magri menjadi kartu merah. 

Ibrahim melakukan keputusan itu setelah melihat monitor VAR dan melihat Kamano menginjak tumit pemain lawan.

Kamerun menambah tekanan sejak awal babak kedua dan Magri menyamakan kedudukan pada menit ke-51 melalui sundulannya dengan memanfaatkan umpan silang Georges-Kevin Nkoudou.

Kone menyelamatkan Guinea menjelang pertandingan usai. Pertama ia menepis bola yang mengancam gawangnya, kemudian menahan tembakan jarak dekat Karl Toko Ekambi. (Ant/Z-1)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *