Kilat! Inilah 3 Cara Membuat Email Baru yang Mudah di HP dan Laptop

Cara membuat email tidaklah sulit dan biasanya merupakan proses yang cukup sederhana. 

Email sendiri merupakan salah satu alat komunikasi elektronik yang sangat umum digunakan dan dibutuhkan dalam berbagai konteks. Misalnya, dalam komunikasi bisnis atau yang berhubungan dengan pekerjaan,  mengirim dokumen atau berbagai lampiran lain secara cepat dan efisien, transaksi online, pembayaran tagihan, hingga pembuatan media sosial.

Banyak penyedia layanan email di internet yang bisa kamu coba. Contohnya, Gmail, Yahoo Mail, Outlook, dan masih banyak lagi. Di antara semua itu, Gmail termasuk yang paling populer dan masih jadi primadona sampai saat ini.

Pengguna aktif Gmail bahkan mencapai 1,5 miliar di seluruh dunia per 2019.

Layanan Gmail umumnya dirancang dengan tampilan dan fitur yang ramah pengguna. Saat proses pembuatan email, umumnya tersedia panduan atau langkah-langkah yang akan membimbing pengguna melalui proses pendaftaran.

Beberapa informasi yang akan diminta pada saat proses pendaftaran email yaitu nama, alamat email yang diinginkan, beberapa data diri, dan kata sandi.

Untuk verifikasi identitas, biasanya kamu juga akan diminta memasukkan nomor telepon atau alamat email alternatif demi memastikan keamanan akun.

Baca juga: 8 Cara Download Video di Instagram Anti Ribet, Tanpa Aplikasi

Pembuatan email baru biasanya dapat dilakukan lewat aplikasi Gmail di handphone Android atau iOS, serta perangkat komputer.

1. Cara Membuat Email di HP Android

Ada beberapa cara membuat email yang sangat mudah dilakukan, salah satunya menggunakan HP Android.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka aplikasi Gmail. Jika sudah memiliki akun Gmail sebelumnya, kamu tetap bisa membuat alamat email baru.

Klik ikon tiga garis yang ada di pojok kiri atas, kemudian pilih ‘Settings’ dan ‘Add account’. Kamu bisa memilih jenis email apa yang ingin dibuat. Dalam hal ini, kamu bisa klik Google.

Selanjutnya, klik ‘Create account’ dan pilih ‘For my personal use’ jika alamat email digunakan untuk diri sendiri.

Baca juga: Ini Cara Melacak Ponsel Hilang dengan Email

Pada langkah berikutnya, kamu akan diminta untuk mengisi nama depan dan nama belakang, lalu klik ‘Berikutnya’ atau ‘Next’. Kamu juga akan diminta untuk mengisi informasi dasar berupa tanggal lahir dan gender atau jenis kelamin. Jika sudah terisi lengkap, klik ‘Berikutnya’.

Kemudian, kamu bisa menentukan alamat email atau username yang kamu inginkan, lalu klik ‘Berikutnya’. Selain membuat alamat Gmail sendiri, kamu juga bisa memanfaatkan beberapa alamat email yang disarankan oleh Google.

Setelah menentukan alamat email, kamu akan diminta membuat kata sandi yang rumit, dengan campuran huruf, angka, dan simbol. Kata sandi yang rumit bertujuan untuk mencegah akses ilegal dan menjaga keamanan informasi pribadi.

Jika sudah berhasil memasukkan kata sandi, kamu akan diminta untuk menyertakan nomor telepon untuk pengamanan akun. Namun, kamu bisa melewati langkah ini dan melakukannya di lain waktu apabila diperlukan.

Langkah terakhir yang perlu dilakukan yaitu membaca bagian Privasi dan Persyaratan dalam pembuatan Gmail, lalu setujui persyaratan tersebut.

Itulah cara membuat email melalui HP Android. Mudah bukan?

Baca juga: Gampang! 3 Cara Download Video TikTok di HP secara Gratis

2. Cara Membuat Email di HP iPhone

Membuat email baru juga dapat dilakukan lewat perangkat iOS, salah satunya iPhone.

Di iPhone kamu bisa menginstal aplikasi Gmail terlebih dahulu untuk membuat email baru. Jika sudah, bukalah aplikasi tersebut.

Kamu tetap bisa membuat alamat email baru meskipun sudah memiliki akun Gmail sebelumnya.

Setelah aplikasi terbuka, klik ikon profile yang terletak di pojok kanan atas. Kemudian, klik ‘Add another account’ dan pilih Google.

Selanjutnya klik ‘Create account’ untuk membuat akun baru, dan pilih ‘For my personal use’ jika alamat email digunakan untuk diri sendiri.

Baca juga: Gratis! 4 Cara Download Video di Youtube Tanpa Aplikasi

Langkah-langkah berikutnya tak jauh berbeda dengan cara membuat email di smartphone Android.

Untuk membuat akun Google berupa email, kamu perlu mengisi nama depan dan nama belakang, lalu klik ‘Berikutnya’. Kemudian, isi informasi pribadi seperti tanggal lahir dan gender atau jenis kelamin. Klik ‘Berikutnya’ apabila semua informasi sudah diisi lengkap.

Kemudian, masukkan alamat email baru atau username yang kamu inginkan, lalu klik ‘Berikutnya’. Selain membuat alamat Gmail sendiri, Google juga menyediakan beberapa saran alamat email yang bisa kamu gunakan, terutama jika alamat email yang kamu inginkan sudah dipakai pengguna lain.

Langkah berikutnya yaitu membuat kata sandi yang rumit. Pastikan kata sandi yang kamu masukkan memiliki campuran huruf, angka, dan simbol. Kata sandi yang rumit bertujuan untuk menjaga keamanan informasi pribadi dan mencegah peretasan pada email.

Jika kata sandi sudah berhasil dimasukkan, kamu mungkin akan diminta mengisi nomor telepon dan email pemulihan untuk pengamanan akun yang lebih ekstra. Namun, langkah ini opsional dan bisa kamu lewati. Kamu tetap bisa melakukannya di lain waktu apabila diperlukan.

Selanjutnya, baca bagian Privasi dan Persyaratan, lalu klik ‘Saya setuju’. Alamat email baru pun akan siap digunakan.

Baca juga: 7 Rekomendasi Aplikasi Novel Gratis, Bisa Bikin Cuan!

3. Cara Membuat Email di Komputer

Selain lewat smartphone, kamu juga bisa mempraktikkan cara membuat email baru melalui browser di komputer ataupun tablet. Caranya pun sangat mudah, dan masih menggunakan layanan Gmail.

Pertama-tama buka situs Gmail di alamat mail.google.com. Setelah halaman terbuka, klik ‘Create an account’ dan pilih ‘For my personal use’. Langkah-langkah selanjutnya tak jauh berbeda dengan cara membuat email baru di aplikasi HP.

Untuk dapat membuat email baru di komputer, langkah berikutnya adalah memasukkan nama depan dan nama belakang (opsional), lalu klik ‘Berikutnya’.

Kemudian, masukkan tanggal lahir dan jenis kelamin sebagai informasi pelengkap dalam pembuatan email. Klik ‘Berikutnya’ apabila semua informasi sudah terisi lengkap.

Langkah berikutnya masih sama dengan cara membuat email melalui smartphone. Tentukan alamat email baru atau username yang kamu inginkan, lalu buat kata sandi yang rumit.

Jika sudah, langkah opsional yang mungkin perlu dilakukan adalah memasukkan nomor telepon atau email pemulihan untuk verifikasi ataupun pengamanan akun.

Selanjutnya, baca bagian Privasi dan Persyaratan, lalu klik ‘Saya setuju’. Nah, begitulah cara membuat email baru melalui browser di komputer yang mudah dilakukan.

Baca juga: 9 Aplikasi Jual Foto Online, Ubah Hobi jadi Bisnis!

Bagi yang ingin membuat email baru, kamu bisa mengikuti beberapa cara di atas. Pilihlah cara membuat email yang paling cocok untukmu, sesuai dengan perangkat yang kamu miliki.

Membuat email baru lewat HP dan laptop biasanya tak membutuhkan waktu yang lama. Jika jaringan internet stabil dan server dalam keadaan normal, kamu mungkin hanya akan membutuhkan waktu sekitar lima menit untuk membuat akun di platform penyedia email populer, seperti Gmail.

Penting untuk diingat bahwa seiring berkembangnya teknologi, semakin banyak kejahatan siber yang terjadi di dunia digital.

Agar alamat email tidak mudah diretas, penting untuk membuat password yang kuat dan aman. Hal tersebut dapat dilakukan dengan beberapa cara, seperti menggunakan kombinasi huruf, angka, dan simbol. Selain itu buatlah kata sandi yang memiliki panjang minimal 12 karakter, hindari kata yang umum dan informasi pribadi, serta rutin mengganti kata sandi.

Aktifkan juga fitur autentikasi dua faktor, kode verifikasi tambahan selain password, yang dapat menambahkan lapisan keamanan ekstra pada email.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *