Mesir dan Tiongkok Serukan Gencatan Senjata di Gaza, Kutuk Serangan Israel

MESIR dan Tiongkok menyerukan gencatan senjata segera di Gaza. Pesan itu muncul pada Minggu (14/1), bertepatan dengan serangan mematikan Israel yang telah berlangsung 100 hari sejak 7 Oktober.

Presiden Mesir Abdel-Fattah al-Sisi mengadakan pembicaraan di Kairo dengan Menteri Luar Negeri Tiongkok Wang Yi. Sebuah pernyataan dari Kepresidenan Mesir mengatakan perundingan tersebut membahas perkembangan regional dan internasional, terutama meningkatnya operasi militer Israel di Gaza.

Sisi dan Wang menyatakan penolakan tegas mereka terhadap pemindahan paksa warga Palestina dari tanah mereka, kata pernyataan itu. “Mesir dan Tiongkok juga menggarisbawahi posisi mereka mengenai pentingnya mematuhi hukum internasional, menegaskan kembali penolakan keras dan tegas mereka terhadap pemindahan paksa secara individu dan kolektif atau pemindahan paksa warga Palestina dari tanah mereka,” tambah pernyataan bersama keduanya.

Baca juga: Sandera Hamas Desak Israel Hentikan Invasi di Gaza

Mereka juga menyepakati perlunya mengatasi akar permasalahan Palestina melalui penyelesaian yang adil dan komprehensif serta mendirikan negara Palestina merdeka berdasarkan solusi dua negara.

Israel telah melancarkan serangan udara dan darat tanpa henti di Jalur Gaza sejak serangan lintas batas oleh Hamas yang menurut Tel Aviv menewaskan 1.200 orang.

Baca juga: Putusan Mahkamah Internasional Diprediksi tak Akan Hentikan Serangan Israel di Gaza

Setidaknya 23.968 warga Palestina telah terbunuh, sebagian besar perempuan dan anak-anak, dan 60.582 orang terluka, menurut otoritas kesehatan Palestina.

Menurut PBB, 85% penduduk Gaza telah menjadi pengungsi di tengah kekurangan makanan, air bersih dan obat-obatan, sementara 60% infrastruktur di wilayah kantong tersebut rusak atau hancur. (Anadolu/Z-3)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *