Pengamat Sebut Hasil Survei Masih Dinamis

DOSEN Ilmu Politik Universitas Al-Azhar Ujang Komarudin mengatakan hasil survei masih cair. Menjelang sebulan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, menurutnya masih terbuka peluang pemilu dua putaran melihat survei-survei yang ada.

“Kita lihat dalam waktu sebulan lagi menjelang pemilihan survei ini terus fluktuatif. Saya melihat kalau surveinya seperti ini kemungkinan besar dua putaran,” terang Ujang ketika dihubungi, Jakarta, Kamis (18/1).

Ujang menambahkan pemilu satu putaran mungkin terjadi apabila pasangan calon (paslon) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka jor-joran untuk menang.

Baca juga : Survei Bloomberg: Ekonom Sebut Anies Baswedan Kandidat Tepat Gantikan Presiden Joko Widodo

“Satu putaran masih mungkin kalau paslon 2 gas pol untuk meningkat elektabilitasnya. Kalau masih sama seperti ini kemungkinan dua putaran masih ada,” tuturnya.

Baca juga : Survei: Daya Elektoral Caleg Partai Gerindra Lemah

Adapun calon yang dinilai masuk putaran pertama adalah paslon 2. Sedangkan, sambung Ujang, Paslon Nomor Urut 1 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar bersaing dengan paslon 3 Ganjar Pranowo-Gibran Rakabuming Raka. Namun, Ujang menekankan hasil survei masih fluktuatif.

“Artinya yang masuk ke putaran pertama 2, masih bersaing 1 dan 3. Masih fluktuatif, masih dinamis karena waktunya sudah mepet. Kalau survei dilakukan secara objektif survei menjadi patokan. Tapi bukan patokan satu-satunya karena ada second opinion dari survei lain. Hasil survei ini bisa saling mengalahkan. Antara 1 dan 3. Tapi untuk menyalip 2 agak jauh,” papar Ujang.

Hasil survei dari Indikator Politik Indonesia memaparkan elektabilitas pasangan calon (paslon) nomor urut 01 Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar menyalip paslon nomor urut 3 Ganjar Pranowo – Mahfud MD. Survei yang digelar dari 30 Desember 2023 – 6 Januari 2024 itu, juga menyebut elektabilitas paslon nomor urut 2 Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming masih tertinggi. (Z-8)

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *