Peningkatan Penerima Beasiswa LPDP Ciptakan SDM yang Bersaing di Dunia Global

PRESIDEN Joko Widodo berharap penerima beasiswa LPDP bisa ditingkatkan sampai lima kali lipat melalui dana abadi LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) yang saat ini sudah mencapai Rp139 triliun. Hal itu disampaikannya saat menghadiri acara Forum Rektor Indonesia.

Berkaitan dengan itu, pengamat pendidikan Ina Liem mengungkapkan, peningkatan jumlah penerima LPDP akan berdampak sangat baik bagi peningkatan pendidikan di Indonesia.

“Tentunya akan sangat bagus dampaknya apabila makin banyak anak muda kita mendapat akses pendidikan yang lebih baik,” kata Ina saat dihubungi, Senin (15/1).

Baca juga : Dua Penerima Beasiswa PT PHR Lanjutkan Studi di Amerika Serikat

Terlebih, kata dia, apabila jatah ke luar negeri bisa lebih banyak. Hal itu tentu akan berdampak baik. Menurutnya, anak muda yang berkesempatan sekolah di luar negeri akan bisa melihat dunia dan membentuk pola pikir yang luas.

“Anak muda bisa berpikiran global, belajar etos kerja di negara maju seperti apa, sehingga bangsa kita bisa bersaing secara global pula nantinya,” pungkas Ina.

Baca juga : Dukung Pendidikan di Indonesia, Federasi Pekerja Panasonic Gobel Kembali Berikan Beasiswa

Menurut Jokowi, upaya peningkatan penerima LPDP juga membutuhkan anggaran yang besar. Namun, anggaran ini harus dikejar sebagai solusi dari rasio penduduk berpendidikan tinggi terhadap populasi produktif yang masih rendah.

“Memang butuh, sekali lagi, butuh anggaran besar dan pembiayaan yang besar tetapi tetap ini menjadi kewajiban kita untuk mencarikan jalan agar rasio kita tadi bisa terangkat naik,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Jokowi menjelaskan terdapat tren yang positif terkait penerima beasiswa LPDP. Dikatakan bahwa jumlah penerima beasiswa LPDP sudah meningkat tujuh kali lipat sejak awal dibuka. Jokowi ingin jumlah penerima ini ditingkatkan.

“Jumlah penerima beasiswa juga sudah meningkat tujuh kali lipat dari awal LPDP dibuka, tapi ini masih jauh, masih sangat kurang. Saya kira perlu ditingkatkan paling tidak lima kali lipat dari yang sudah ada sekarang,” tandasnya. (Z-5)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *