Qatar Airways Resmi Buka Rute Penerbangan Langsung Doha-Sumut

MASKAPAI Qatar Airways, resmi membuka rute Doha-Sumatra Utara, mulai Senin (15/1). Hal itu ditandai dengan pendaratan perdana dan prosesi Water Salute di Bandara Internasional Kualanamu, Kabupaten Deliserdang, Sumut.

“Ini adalah penerbangan historis. Penerbangan perdana langsung, bukan saja dari Doha, tapi juga dari Timur Tengah, ke Sumut,” ungkap Direktur Utama PT Angkasa Pura Aviasi Achmad Rifai, seusai prosesi Water Salute, Senin (15/1).

Water salute menjadi tradisi yang dikenal sejak lama di dunia penerbangan. Prosesinya ditandai dengan semburan air ke arah pesawat sebagai bentuk penghormatan dari pihak bandara kepada penumpang pesawat.

Baca juga : Jadi Pilihan Terbaik, GDPS Layani Aircraft Cleaning dari PT JAS Aero Engineering Services

Penerbangan itu juga menjadi bersejarah, lanjut dia, karena ini kali pertama Bandara Kualanamu didarati pesawat Boeing 787 atau Dreamliner yang merupakan pesawat penumpang berbadan lebar yang mampu mengangkut hingga 330 orang penumpang.

Dengan demikian, saat ini kualanamu menjadi salah satu bandara di Indonesia yang sudah didarati semua jenis pesawat penumpang berbadan lebar.

Baca juga : CEO Boeing Akui Kesalahan pada Insiden Alaska Airlines, Berjanji Keterbukaan Penuh

Menurut dia, penerbangan langsung rute Doha-Sumut merupakan peluang bisnis prospektif yang direalisasikan Qatar Airways. Hal itu dibuktikan dengan informasi yang didapat pihaknya bahwa penerbangan ini sudah penuh (full booked) hingga Maret 2024.

“Sekarang bagaimana cara kita membuat “in bound”-nya,” ujar Achmad.

Bagi dia, penerbangan langsung (dirrect flight) internasional menjadi semacam pintu gerbang atau gate way. Dengan begitu, saat ini yang terpenting adalah membuat penerbangan tersebut berlangsung terus atau berkelanjutan dan menguntungkan, bukan saja bagi maskapai tetapi juga untuk keuntungan Sumut, khususnya di sektor pariwisata.

Laman resmi Qatar Airways menyatakan, penerbangan rute Doha-Kualanamu akan diterbangi sebanyak tiga kali dalam seminggu, dengan waktu tempuh sekitar 7 jam.

Pada Agustus 2023, Bandara Kualanamu sudah diterbangi rute langsung internasional oleh maskapai Batik Air. Yakni penerbangan dari Chennai, India, dengan menggunakan pesawat Boeing 737-800NG dan Airbus 320-200 sebanyak tujuh kali seminggu. (Z-5)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *