Qatar Jadi Tim Pertama yang Melaju ke 16 Besar Piala Asia

JUARA bertahan dan tuan rumah Qatar menjadi tim pertama yang mengamankan tiket ke babak 16 besar Piala Asia usai menang 1-0 atas tim debutan Tajikistan, Rabu (17/1).

Hasil imbang tanpa gol antara Tiongkok dan Libanon di laga sebelumnya memastikan Qatar melaju ke babak 16 besar Piala Asia sebagai juara Grup A.

Penyerang Qatar Akram Afif, yang mencetak dua gol kala Qatar menang 3-0 atas Libanon di laga sebelumnya, mencetak gol tunggal ke gawang Tajikistan dalam laga yang disaksikan 55 ribu penonton.

Baca juga: Shayne Pattynama Tegaskan Tekad Bawa Indonesia Kalahkan Vietnam

Tajikistan mengakhiri laga dengan 10 pemain ketika Amadoni Kamolov diusir wasit karena menedang wajah Ahmed Al-Ganehi di akhir laga. Ini merupakan kartu merah pertama di ajang Piala Asia 2024.

Laga antara Qatar dan Tajikistan dimainkan di Stadion Al Bayt, tempat Qatar kalah 2-0 dari Ekuador di laga pembuka Piala Dunia 2022.

Juara Piala Asia 2019 itu tampil gemilang disosong oleh penampilan apik Afif.

Baca juga: Sempat Tertinggal, Arab Saudi Kalahkan Oman di Piala Asia

Penyerang itu mencetak gol pada menit 17 setelah menerima umpan terobosan Almoez Ali dan melepaskan tendangan yang tidak bisa ditahan kiper Tajikistan Rustam Yatimov.

Pelatih Qatar Tintin Marquez, yang baru bertugas sejak awal Desember lalu, melakukan lima perubahan dari tim yang menghadapi Libanon, membangkucadangkan kapten Hassan Al-Haydos.

Tajikistan mengawali kiprah mereka di Piala Asia dengan bermain imbang tanpa gol melawan Tiongkok.

Karenanya, mereka masih berpeluang lolos ke babak 16 besar jika bisa menang saat menghadapi Libanon, Senin (22/1).

Adapun Qatar akan menghadapi Tiongkok di hari yang sama. (AFP/Z-1)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *