GIM Mendorong Optimalisasi Potensi Desa

DALAM salah satu Roadshow Cinta (Cerita Inspirasi Tani Indonesia) di Jawa Barat, Sekjend Garuda Indonesia Maju (GIM) Dhika Yudistira mengunjungi Desa Cisarua, Bandung Barat, karena, di desa tersebut, masyarakatnya sudah mulai membudidayakan Bunga Matahari.

Dhika menambahkan, “Program Cinta ini digagas relawan GIM, dengan menyerap aspirasi, kendala, dan hal lain dari petani lalu dicarikan solusi dan kolaborasi karena komitmen Pak Prabowo dan Mas Gibran yang tercantum dalam asta cita, salah satunya terkait pembangunan desa, petani, dan hilirisasi pertanian.”

Lingga, ketua kelompok tani, mengatakan di Desa Cisarua, Bandung sudah memulai menanam bunga matahari selama beberapa tahun belakangan ini sehingga sudah terdapat puluhan petani dengan lahan seadanya dan dengan alat-alat manual lainnya. 

Baca juga: Final Nugraha Karya Desa BRILiaN 2023 yang Berhadiah Total Rp 4,35 M Meriah

Menurut Lingga, bunga matahari memiliki potensi sangat baik, selain mudah dan waktu panen yang sedikit pendek (3 bulan), permintaan pasarnya sangat banyak, baik di dalam negeri ataupun di luar negeri. Permintaannya sampai 40.000-100.000 liter min per bulan. Selain itu pemerosesan bunga matahari masih cenderung manual sehingga masih sangat terbatas.

Oleh karena itu, Dhika akan mendorong ekosistem desa rerintegrasi bunga matahari di Desa Cisarua, Bandung Barat, yang akan didorong piloting dengan bekerja sama lahan dengan Perhutani/PTPN.

“Di sana akan dibangun menjadi kawasan agrowisata, kita akan dorong hulu-hilir dari mulai menanam sampai mesin pengolahan, bukan hanya pengolahan menjadi minyak saja akan tetapi bisa menjadi sabun dan lain-lain sehingga banyak masyarakat akan terlibat. Selain itu juga bisa didorong budidaya lebah hutan, selain baik buat bunga matahari bisa juga menjadi usaha tambahan yang baik untuk masyarakat, dan yang pasti tempat tersebut bisa menjadi tempat wisata sehingga pengunjung bisa berswafoto dan menikmati keindahan bunga matahari tersebut, sehingga bisa mendapat pendapatan harian dari wisata dan bulanan dari pertanian,” paparnya.

Baca juga: UMKM Jadi Elemen Kunci Pengembangan Potensi Desa

Program Cinta ini akan terus roadshow ke banyak tempat untuk terus mengembangkan potensi-potensi desa yang luar biasa melalui UMKM dan pertanian di desa-desa. (RO/Z-1)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *