Gol Larut Bounedjah Pastikan Aljazair Imbangi Burkina Faso

BAGHDAD Bounedjah menanduk bola yang berbuah gol pada menit ke-95 untuk mengamankan hasil imbang 2-2 bagi Aljazair saat melawan Burkina Faso, Sabtu (20/1), yang memaksa sang lawan harus menunggu laga terakhir untuk memastikan tiket ke 16 besar Piala Afrika 2024.

Gol pembukaan Mohamed Konate pada menit ke-45 dapat disamakan gol pertama Bounedjah pada menit ke-51 pertandingan Grup D di Stade de la Paix, Bouake itu. 

Namun, penalti Bertrand Traore pada menit ke-71 membawa Burkina Faso merestorasi keunggulan menjadi 2-1.

Baca juga: Hajar Kamerun, Senegal Lolos ke Babak 16 Besar Piala Afrika 2023

Pada titik itu, Burkina Faso sudah dipastikan melaju ke 16 besar. Namun, gol kedua Bounedjah, menjelang waktu normal usai, menunda pesta Burkina Faso, sekaligus membuatnya telah mengoleksi total tiga gol untuk bergabung dengan Emilio Nsue asal Guinea Ekuatorial sebagai pencetak gol terbanyak Piala Afrika 2024.

Burkina Faso masih memuncaki klasemen grup dengan empat poin dan akan berhadapan dengan Angola pada pertandingan terakhir di fase grup. Sedangkan Aljazair memiliki dua poin dan kemenangan atas Mauritania, Selasa (23/1) akan meloloskan mereka ke fase gugur.

Pasukan Hubert Vehud membuka keunggulan menjelang turun minum, saat Konate menyambut bola di dalam kotak penalti dan menanduk bola masuk ke gawang Aljazair. Gol itu disahkan setelah tinjauan VAR mengonfirmasi ia berada dalam posisi onside.

Baca juga: Pantai Gading Menyerah dari Nigeria di Laga Piala Afrika

Aljazair menyamakan kedudukan di awal babak kedua, saat Bounedjah menyambar bola dari jarak dekat setelah terjadi kemelut di depan mulut gawang Burkina Faso.

Burkina Faso kemudian mendapat hadiah penalti pada pertengahan babak kedua, setelah tinjauan VAR memperlihatkan Rayan Ait-Nouri menendang tulang kering Issa Kabore di dalam kotak terlarang saat berusaha menyapu bola.

Pemain pengganti Burkina Faso, Traore, sukses mengonversi penalti, sebagaimana yang ia lakukan untuk membawa timnya menang 1-0 atas Mauritania pada pertandingan pertama mereka.

Aljazair meresponnya dengan menarik dua pemain sayap, Riyad Mahrez dan Youcef Belaili, sebelum diselamatkan oleh gol tandukan Bounedjah. (Ant/Z-1)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *