Menkominfo Sebut Hoax Pemilu 2024 Turun Signifikan Dibandingkan 201

MENTERI Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi mengatakan bahwa penyebaran hoax atau berita palsu di media sosial terkait pemilu mengalami penurunan yang signifikan dibandingkan dengan pemilu sebelumnya pada 2019. Penurunan penyebaran hoax tidak terlepas dari intervensi Kominfo dalam memeranginya.

“Dibandingkan 2019 terjadi penurunan signifikan. Memang sebulan ke depan ada peningkatan tapi tidak semasif pemilu kali lalu ya,” ujarnya di Gedung PBNU, Kamis (18/1).

Budi menjelang bahwa Kominfo bekerja maksimal untuk meredam hoax pemilu kali ini. Dalam 1×24 jam informasi palsu yang menyebar di media sosial sudah bisa di-take down.

Baca juga : 

“Hoax diselesaikan secara adat digital 1×24 di-take down. Soal hukum kami serahkan ke aparat penegak hukum,” kata dia.

Baca juga : 

Budi tak merinci total hoax yang tersebar di media sosial pada periode pemilu 2019 maupun 2024 ini. Akan tetapi dia menyebut dalam sebulan terakhir sekitar 200 informasi hoax mampu di-take dawn.

Dia mengajak masyarakat untuk tidak terjebak dengan informasi palsu. Menurutnya masyarakat perlu lebih bijak dalam menggunakan media sosial dengan melakukan check and recheck sebelum meneruskan informasi di media sosial. (Z-8)

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *