Puluhan Ribu Surat Suara Ditemukan Rusak di Tojo Unauna

BADAN Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Sulawesi Tengah menemukan puluhan ribu surat suara rusak di Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Tojo Unauna. Klaim pergantian telah dilakukan.

Anggota Bawaslu Sulteng Ivan Yudharta mengatakan, surat suara itu ditemukan rusak setelah pihaknya melakukan pemantauan langsung poses penyortiran dan pelipatan surat suara di KPUD Tojo Unauna.

“Dalam agenda monitoring kami ke KPUD Tojo Unauna, kami mendapatkan banyak surat suara yang rusak dan masuk kategori surat suara yang rusak berat,” terangnya di Palu, Minggu (14/1).

Baca juga : KPU Targetkan Seluruh Logistik Pemilu Sampai di Daerah 15 Januari

Menurut Ivan, surat suara yang rusak itu merupakan surat suara DPRD Provinsi dan surat suara DPRD Kabupaten dengan jumlah yang sangat besar.

“Pada berita acara yang dikeluarkan KPUD Tojo Unauna dan hasil pengawasan sortir dan lipat surat suara oleh Bawaslu Tojo Unauna, total keseluruan surat suara yang rusak 61.074 lembar,” ungkapnya.

Baca juga : Ribuan Surat Suara di Palu Dilaporkan Rusak

Ivan merincikan, dari 61.074 lembra surat suara yang rusak itu terdiri dari 59.576 surat suara DPRD Provinsi dan 1.498 surat suara DPRD Kabupaten.

“Selain itu, ada 1.292 surat suara yang kurang,” tegasnya.

Setelah penemuan itu, KPUD Tojo Unauna langsung disarankan melakukan koordinasi dengan KPUD Provinsi untuk klaim penggantian surat suara yang rusak dan penambahan surat suara yang kurang.

“Kami minta proses itu cepat dilakukan oleh KPUD Tojo Unauna dengan mempertimbangkan sisa waktu yang semakin dekat di hari pemilihan,” tandas Ivan. (Z-5)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *