Survei: PDIP Berpotensi Tidak Menang di Pemilu 2024, Dikalahkan Gerindra

INDIKATOR Politik Indonesia memprediksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) berpotensi tidak akan menang pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Elektabilitas mereka menurun di saat Partai Gerindra meningkat, dalam survei terbaru.

Peneliti Utama Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi menjelaskan PDIP sejatinya mendapatkan skor 20,0 persen dalam simulasi pemilihan anggota DPR jika dilakukan saat ini, dan menduduki posisi pertama dalam hasil surveinya. Tapi, angka itu masuk ke dalam margin of error.

“Jadi, tren tetap turun buat PDIP Perjuangan. Tetapi selisihnya dengan Gerindra itu dalam margin of error,” kata Burhanuddin dalam telekonferensi di Jakarta, Kamis, 18 Januari 2024.

Baca juga : Elektabilitas Anies-Muhaimin sudah Lampaui Ganjar-Mahfud MD

Hattrick untuk PDIP 

Burhanuddin mengatakan suara PDIP mengalami penurunan dalam beberapa hasil survei yang diterbitkan pihaknya. Di sisi lain, Partai Gerindra elektabilitasnya meningkat dan kini mendapatkan skor 18,3 persen.

Menurut Burhanuddin, hasil survei pihaknya harus dipertimbangkan oleh PDIP. Sebab, dia meyakini kemungkinan kemenangan ketiga untuk partai besutan Megawati Soekarnoputri itu bakal kandas.

Baca juga : Bersaing Ketat, Elektabilitas Gerindra Ungguli PDIP

“Ini sekaligus alarm buat PDI Perjuangan karena keinginan untuk mencapai hattrick kemenangan di 2024 itu terancam oleh kehadiran Gerindra yang performanya meningkat dalam beberapa bulan terakhir,” ujar Burhanuddin.

Di sisi lain, Partai Golkar ada di posisi ketiga dengan skor 11,2 persepsi. Lalu, ada PKB dengan skor 9,1 persen, dan Partai NasDem dengan skor 6,9 persen.

Survei ini dilakukan dengan mewawancarai 1.200 orang di wilayah Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Selatan, Lampung, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Banten, Bali, NTT, Sulawesi Utara, dan Sulawesi Selatan

Indikator Politik Indonesia menggunakan metode stratified random sampling dengan margin of error kurang lebih dua persen. Sementara itu, tingkat kepercayaannya mencapai 95 persen. (MGN/Z-4)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *